Alfi M Muhamad

Jalan-Lihat-Cerita-Tulis-Baca

Segar dan Legitnya Es Dawet Durian

Es dawet durian merupakan kudapan yang berisikan cendol, tape ketan, buah nangka, durian, serta dilengkapi gula aren dan es serut bersantan. Dawet yang satu ini berbeda dengan dawet yang lain semisal dawet ayu Banjarnegara atau dawet ireng asal Purworejo. Yang memberikan cita rasa berbeda dibanding dengan dawet-dawet lainnya tentu saja karena buah durian yang menjadi sajian isi utamanya.

Es dawet durian adalah kuliner khas asal Jepara yang dikenal dengan nama asli dawet durian montong. Tak hanya di Jepara kuliner satu ini dijajakan dan digemari. Di Semarang es dawet durian juga salah satu kuliner yang acap dicari para wisatawan saat berkunjung ke Semarang. Apalagi saat cuaca terik di siang hari untuk melepas dahaga.

Yang menjadi ciri khas dawet durian ini adalah cendol putih yang terbuat dari tepung kanji, santan kelapa, tape ketan, durian, dan buah nangka. ‘’Dawet di sini gulanya lebih kental dan manis dibanding dengan dawet lain. Santannya pun lebih kental dan gurih. Gula yang dipakai adalah gula aren dengan kualitas terbaik yang diambil langsung dari Kebumen,’’ papar Amad Khoiludin (29) yang sudah berjualan dawet durian di samping Gereja Blenduk sejak tahun 2009 lalu.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 17.000, Anda sudah bisa menikmati rasa dawet dalam porsi komplet. Bagi yang tidak suka minuman berlemak tanpa buah durian, cukup dengan Rp. 7.000 Anda sudah bisa menikmati satu porsi dawet biasa. Amad beserta seorang temannya berjualan setiap hari dari pukul 09.00-17.30 WIB.

Menikmati semangkuk es durian di bawah rimbunnya pohon di taman lokasi wisata Gereja Blenduk Kota Lama Semarang mungkin itu salah satu alasan mengapa kuliner satu ini digemari. Selain suasana yang asri di sana Anda juga akan dimanjakan dengan perpadauan rasa dari dawet, nangka, tape ketan, dan durian, santan dan gula aren yang manis di lidah dari semangkuk es dawet durian ini.

Tak hanya di kawasan Kota Lama Semarang saja kudapan satu ini bisa dicari. Anda juga bisa menemukannya di beberapa tempat di Semarang. Diantaranya, ada es dawet durian di Kampung Kali atau di depan SMA Theresiana Jalan Mayjend Sutoyo. Dawet yang sama juga bisa Anda dapat di Jalan Singosari Raya atau depan RS Roemani Semarang. Gerobak yang menjajakan es dawet durian montong ini sudah populer bahkan melegenda bagi masyarakat Semarang. ‘’Banyak artis yang pernah mencicipi es dawet durian ini. Seperti Ade Rai, Dian Vega, dan Didi Petet,’’ ujar Amad sambil memperlihatkan foto bersama para artis ibu kota yang ada di ponsel miliknya.

Tinggalkan komentar